Peluang Usaha : JUS UBI UNGU COC

KEWIRAUAHAAN

 

JUS UBI UNGU COC

 


Oleh:

·         Alvani Maizal Asri

·         M. Hafiz Halim

·         Putri Ayu Nofika

·         Yofita Sari

 

 

PENDIDIKAN SEJARAH

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2016

ANALISIS LINGKUNGAN USAHA MINUMAN DINGIN (JUICE UBI JANDA COC)

            Lingkungan kampus merupakan lingkungan yang sangat banyak manusia yang datang dan pergi keluar masuk dalam kampus. Rutinitas yang dilalui sangat padat. Tidak hanya mahasiswa, dosen pun begitu. Terkadang dengan kesibukan itu kita merasa lelah, lapar, dan haus. Lelah bisa saja terobati dengan duduk-duduk santai di taman kampus selang menunggu jadwal kuliah berikutnya, dengan mengobrol sesama teman, atau tukar pikiran dengan dosen. Tapi dengan duduk-duduk santai saja tidak juga akan menghilangkan rasa lapar dan haus.

Ketika diajakin makan/minum, jawabannya bermacam-macam: “Wah, kalau makanan sekarang kelamaan, istirahatnya cuma sebentar, nggak sempat makan nih”; “yaah, malas makan ah, takut kegemukkan”; “makan apa ya? Bosan. Pecel lele, pecel ayam, nasi gorong, mie goreng, dll, itu mulu bosan”; nggak mau minuman yang itu, banyak bahan pengawetnya, dan sebangainya alasan yang terucap ketika teman di ajakin makan. Namun dibalik itu ada juga yang sangat tidak memperdulikan apa yang dia makan setiap hari dan terus menerus, asalkan ia merasa kenyang semua masuk kedalam perut. Nah banyak fenomena yang terjadi mengenai pemilihan  makanan maupun minuman untuk si pulau tengah pada manusia terutama orang-orang yang sibuk dengan rutinitas sehari-hari.

Kita perhatikan di lingkungan kita Kampus Universitas Negeri Padang, dilingkungan kampus ini tidak hanya mahasiswa dan dosen saja yang ada, namun juga ada siswa, dari siswa TK hingga siswa SMA. Mereka juga pasti sangat membutuhkan makanan bergizi bagi tubuhnya.  Minuman maupun makanan siap saji banyak mengandung unsur pengawet yang sangat berbahaya bagi tubuh, khususnya pada jenis minuman yang banyak unsur pewarna makanan, pengawet dan gula buatan yang kita ketahui sangat tidak baik bagi tubuh.

Disini kami melihat dengan menunjang unsur tersebut kami menciptakan sebuah minuman pelepas dahaga dan sekaligus yang dapat mengenyangkan perut dengan memberi usaha ini dengan nama JUS UBI JANDA COC. Minuman ini terbuat dari Ubi jalar yang berwarna ungu yang dijadikan jus dengan di hiasi choco crunch. Setelah mencari referensi ternyata ubi jalar ungu ini sangat banyak manfaatnya. Serat makanan merupakan kelompok makanan non gizi yang bermanfaat  bagi kesehatan, yaitu berperan penting dalam prouses pencernaan, mempercepat  waktu cerna makanan dalam usus besar, memperbesar volume feses, menurunkan kadar gula dalam darah, memperlambat rasa lapar, dan melindungi usus dari  gangguan kanker ( Marsono, 1995).

Selain itu manfaat dari ubi jalar ungu ini adalah sebagai makanan anti penuaan dini, menjaga kekenyalan kulit, menghindarkan terjadinya serangan jantung, mengatasi penyakit asma, dan sebagai sumber vitamin A.


Alvani


 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKSPANSI KOLONIAL KELUAR JAWA (1850-1870)

makalah ilmu bebas nilai (filsafat ilmu)